A Letter to My 25 Year Old.



To My 25 Year Old,

Hai, selamat ulang tahun yang ke 25 ya, dari kamu yang sekarang masih 20 tahun.
Ini surat untuk kamu yang sekarang masih belum jadi apa-apa, masih jadi pemimpi.

Aku harap sekarang kamu berhasil wujudin beberapa mimpi kamu, seenggaknya jangan miskin ya! Aku gak rela lho. Kamu yang 20 tahun sekarang lagi berjuang buat nyicil impian, kamu yang sekarang emang belum tau apa jati diri itu, belum mikirin masa depan, gampang insecure, gampang nyerah, gasuka kerja keras, bergantung sama orang lain.

Tapi aku yakin setelah ini kamu bisa capai masa depan yang bagus, aku bakal wujudin itu di umur kamu yang ke 25 ini gimana pun caranya, supaya ini bisa jadi hadiah terindah buat kamu.

Kamu inget? Diumur 20 tahun ini begitu banyak masalah di hidup kamu, dan kamu masih berusaha bertahan kok! Ngerasa sedih, kesepian, tertekan, bosen, capek, udah dirasain semua, doain ya aku dikasih kekuatan buat hadapin yang lebih dari ini nantinya.

Hidup selama 20 tahun ini banyak hal yang aku syukuri, banyak hal yang aku sesali, aku bisa liat gimana orang-orang perlahan hilang seiring berjalannya waktu. Lalu diisi lagi dengan orang baru.

Diumur 17 tahun semua masalah mulai terjadi, ditinggal mami untuk salama-lamanya. Satu-satunya alasan buat capai semua mimpi2 adalah mami, impianmu mau kasih uang gaji, beliin mami baju, beliin jajanan kesukaan mami, bayar listrik rumah. Kamu mau kasih semua buat mami kalo kamu udah kerja, tapi mami udah ninggalin kamu duluan dengan segala persiapannya.

Diumur 19 tahun, kamu meninggalkan seorang pria baik dengan kekurangannya, pria baik yang menerima kamu apa adanya. Kamu selalu penasaran apa dia mencintaimu, tapi kamu pun ragu dengan perasaanmu. Hingga sampai saat ini kamu menyesalinya, mengapa meninggalkannya, mengapa tidak jujur padanya, dengan begitu semua jauh lebih terbuka. Sekarang kamu sudah kalah telak, kamu sedang berusaha melupakannya.

Diumur 20 tahun kamu sudah bisa hidup sendiri, kamu tinggal di mess kantor. Kamu terlalu kesepian hingga sering merasa tertekan dan stress sendiri. Kamu juga terkena flek paru, yang mengharuskan kamu berobat jalan selama 6 bulan, dimana selama 6 bulan kamu harus rutin minum obat, capek? Capek. Kamu capek sama obat sampai rasanya mau mati aja, tapi tenang.. semua pasti bakal berlalu dengan sendirinya.

Terlalu banyak masalah yang baru pertama kali kamu lihat dalam hidup, banyak perubahan yang terasa selama berjalannya waktu. Kamu bersyukur dipertemukan dengan orang-orang baru yang baik.
Kamu merasa kehangatan bisa didapat dari siapa saja selain didalam rumah, kamu juga banyak belajar dari luar

Semoga diumur 25 ini kamu sudah merancang masa depanmu atau bahkan sudah memulai? Tetap semangat! Jangan berpikir kamu bisa melewati semua masalah sendirian, kalo terlalu berat cari bantuan.

Semangat ! hidup seperti yang kamu mau, hidup bebas.

From My 20 Year Old

Comments